Gambaran Umum Sistem Pendidikan Indonesia

Gambaran Umum Sistem Pendidikan Indonesia

 Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dengan proporsi penduduk muda yang tinggi dalam demografinya. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk usia sekolah di Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 109,2 juta jiwa atau 42,7% dari total penduduk 255,5 juta jiwa. Kajian United Nations Population Fund (UNFPA) pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa Indonesia diproyeksikan akan menuai bonus demografi dari tahun 2028 hingga 2035. Bonus demografi terjadi ketika proporsi penduduk usia kerja lebih besar daripada penduduk bayi dan lansia dan menyajikan peluang unik untuk pertumbuhan ekonomi yang intens.

baca juga : les privat jakarta

Pada tahun 2035, Indonesia akan memiliki tenaga kerja 65 juta orang muda dan oleh karena itu merupakan warga negara yang produktif. Bonus demografi ini akan memberikan peluang emas bagi Indonesia untuk menjadi negara maju jika mampu meningkatkan dan mempersiapkan sumber daya manusianya.
 baca juga : les privat
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sistem pendidikan nasional Indonesia terdiri atas sistem pendidikan formal, nonformal, dan informal serta mencakup beberapa jenis pendidikan seperti pendidikan umum, keagamaan, kejuruan, profesi, dan khusus. pendidikan. Pendidikan formal terdiri dari beberapa jenjang, mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah pertama 3 tahun, sekolah menengah atas 3 tahun, dan pendidikan tinggi.
baca juga : guru les privat
Sistem pendidikan tinggi negara ini terdiri dari universitas, institut, sekolah pendidikan tinggi, akademi, dan politeknik. Lembaga-lembaga ini menawarkan program gelar dan non-gelar (Lihat Kelas Dua: Sektor Pendidikan Tinggi Indonesia yang Membutuhkan Reformasi).
Selain pemerintah, swasta, termasuk badan usaha milik asing, dan masyarakat diperbolehkan memberikan pendidikan kepada warga negara Indonesia sepanjang memenuhi persyaratan dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
baca juga : biaya les privat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Tutor Private Berpengalaman Dan Berkualitas di Daerah Depok

Program Bimbel UI di simakui.id